Salesman Bukan Pekerjaan Yang Buruk

Dunia pemasaran dan penjualan saat ini menjanjikan hasil yang cukup berarti bagi banyak orang. Dari pendapatan yang tinggi sampai karier yang terbuka luas. Namun, banyak orang, terutama yang baru lulus kuliah (fresh garduate), menganggap pekerjaan salesman bukan sebagai pekerjaan yang memiliki peluang karier yang bagus dan pendapatan yang tinggi sehingga jarang yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pilihan utama setelah lulus kuliah.

Masyarakat memandangsalesman adalah piliha pekerjaan nomor kesekian, setyelah tidak ada lagi peluang dalam bidang lain. Padahal dunia pemasaran dan penjualan adalah tempat yang baik untuk mengasah sikap mental, daya tahan terhadap tekanan, dan juga kecerdasan emosi agar mampu berhubungan baik dengan banyak orang, baik teman sekerja maupun pelanggan.

Seseorang yang berniat. untuk berkarier dalam bidang penjualan akan mudah menetapkan standar dan indikator yang harus dicapai. Indikator ini bisa berupa pencapaian target penjualan, perluasan area yang dicakup, dan hubungan yang baik dengan pelanggan yang dibina. Jika hal ini dijalankan dengan sungguh-sungguh, akan mendapatkan kinerja penjualan yang baik pula.

Tiga modal penting yang harus dimiliki oleh seorang salesman :

1. PENGETAHUAN PRODUK ( Knowledge )
    Pengetahuan tentang fitur produk ( product feature ), yang meliputi ciri khusus, keunikan, dan perbedaan produk yang dimiliki dibandingkan dengan produk pesaing merupakan modal pertama bagi salesman. Menguasai semua fitur produk akan memupuk rasa percaya diri dalam menjelaskan dan mempresentasikan produk kepada para prospek ( calon pelanggan ), disamping manfaat produk yang nantinya merupakan nilai yang akan diterima dan dirasakan pelanggan.

2. KEAHLIAN MENJUAL ( Selling Skill )
   Keahlian menjual adalah tahapan -tahapan ketika seseorang salesman mampu menggugah, menaruh minat, dan mengarahkan pelanggan terhadap produk yang ditawarkannya, sampai kemampuan menutup penawaran dengan penjualan.

3. SIKAP YANG BAIK ( Attitude )
   Sikap yang baik, seperti ramah,penolong, baik hati, luwes, atau mudah bergaul, juga merupakan kunci utama dalam dunia penjualan. Pekerjaan Salesman juga merupakan pekerjaan melayani (service) yang penuh keramah-tamahan (hospitality) sehingga keberadaan salesman secara personal lebih dapat diterima oleh konsumen.

Keyakinan yang tinggi untuk terus bertumbuh dan berhasil dalam bidang penjualan, merupakan pondasi awal yang mendukung tahap selanjutnya, untuk berkarier dan memiliki penghasilan tinggi. Sembari berjalan, dituntut sikap mental yang positif yang baik,untuk menikmati dunia pemasaran dan penjualan sebagai jalan untuk berkarier dan menafkahi keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar